Avatar
help

@hilmanski menulis

Saat proyek sampingan terasa lebih bermanfaat VS uang

Pagi ini membaca artikel dari @zwobble Dengan judul My tiny side project has had more impact than my decade in the software industry atau yang diartikan "Proyek sampingan kecil saya punya dampak yang lebih besar dibanding 10 tahun di industri software"

Mike membuat open source mammoth.js yang memudahkan orang saat copy paste text dari word ke wordpress, formatnya jadi baik. Dia merasa proyeknya ini sangat bermanfaat untuk banyak orang, terbukti dari rasa terima kasih yang banyak diucapkan. Paling berkesan, saat ada email dari seseorang "Kamu sudah menghemat waktu saya berjam-jam, saya jadi punya waktu dengan anak saya".

Di akhir artikel, dia juga menyebutkan kalau ia mendapatkan uang namun tidak banyak sekitar £1.15 /minggu dari donasi. Tentu ini tidak bisa menghidupinya. Disebutkan juga kalau bisa jadi ini adalah kesempatan yang mungkin terlewatkan (untuk dimonetisasi).

Bagaimana dengan kamu, pernahkah merasa seperti ini? Kerjaan yang kamu lakukan dengan gratis/underpaid terasa lebih bermanfaat? Apakah kamu akan melanjutkan jika di situasi seperti ini?

Avatar
@fqodry

Saya pernah dan sedang mengalaminya di proyek sampingan yang saat ini saya kerjakan. Meskipun proyeknya tidak gratisan/open source, nilainya bisa dibilang jauh sekali dari yang saya dapatkan di pekerjaan utama saya. Tapi di proyek kecil itulah saya dapat banyak kata "Terima kasih" dan manfaatnya terasa untuk mereka (karena mereka bilang sendiri ke saya)

Buat saya itu sebuah apresiasi dan menjadi motivasi untuk memoles lebih bagus, serta melanjutkan membuat produk vanilla-nya ya istilahnya (rencana saya kedepannya), supaya bisa dipakai di tempat lain.


Avatar
@hilmanski

Iya sih ngga bisa dipungkiri.. membantu orang lain juga punya rasa puas tersendiri