Avatar
random

@rangbdg menulis

akhir tahun pengen curhat...

kurang lebih 4 tahun ngoding, kerja kantorannya mungkin kurang lebih 2 tahun dan sisanya freelance sendirian (gapunya team), sekarang pengen punya 1 kerjaan tetap biar ga pusing ambil proyek sana sini yg makan waktu.. Tapi ngeliat skill FG saat ini ngeri ngeri & saya jadi minder🥲

Di titik ngerasa ketinggalan dan gapunya temen buat sharing ini saya kepikiran buat live stream bikin proyek open source + belajar hal baru, kenapa live stream siapa tau nanti ada yg bisa ngasih masukan atas apa yg saya bikin dan mungkin ini bisa juga jadi portfolio saya(?)

teman teman mungkin ada tanggapan/saran atau apapun atas apa yg saya rasakan ini😁 atau juga wejangan buat live stream saya nanti harus gimana🙈

  • agak ragu buat post ini karena takut orang mikirnya lebay😔
Avatar
@hilmanski

Halo . wah maaf baru buka lagi.

Ngga usah minder. Melamar ajar ke kerjaan yang kamu mau. Melamar sebanyak-banyaknya. Siapa yang tahu rejekinya di mana

Bikin proyek open source/livestream.. bebas.. apa aplikasi yang kamu paling pengen ada sekarang atau ingin perbaiki. Bisa bikin open sourcenya. Kamu jadi semangat, dan kamu jadi customer pertama proyek tersebut

minder ini bener bener ngehantuin saya, abis posting ini saya cek setiap hari apa ada yg komen apa engga. pas liat ada komen 1 saya malah takut sendiri sama apa tanggapan orang jadi saya ga berani buka🙈 Makasih banyak mas hilman, jadi dorongan buat saya buat lebih percaya diri🙏 - @rangbdg

Avatar
@rizafahmi

Haha, iya nih udah lama ngga mampir kesini.

Yang pertama, hilangkan rasa takutnya. Justru BBC ini dibuat supaya bertanya dan diskusi tanpa rasa takut atau sungkan.

Sama halnya kalau mau livestreaming, bikin proyek open source atau berkarya dalam bentuk apapun. Hal yang paling berat adalah memulai. Setelah berhasil memulai, muncul lagi hal yang berat: tetap berkarya secara konsisten.

Jadi, mulai aja dulu. Setelah mulai, baru deh pikirin gimana supaya bisa melakukannya terus menerus secara konsisten.

Kalau mau livestreaming, saya dukung! Saya salah satu yang berhasil mendapatkan manfaat dari livestreaming berupa proyek tambahan. Cerita lengkapnya ada disini.

Kalau mau tanya lebih lanjut tentang teknis livestreaming, saya siap membantu. Boleh tanya di BBC aja ya, biar bisa diskusi bareng yang lain juga. Dan agar BBC jadi ramai dan urung ditutup 🙏

nice. Hampir sebulan baru buka lagi TT, haha dibiarin aja ya hidup dulu. Ngga usah diclose - @hilmanski
mungkin kedengeran lebay, tapi buat orang yang takut banget sama persepsi orang lain dan dapet tanggapan dari mas riza & fahmi kaya gini bener bener bikin saya seneng + terharu sih haha betul mas, buat mulai sesuatu yg baru itu berat banget. dari kemarin kemarin mikirin konsep atau harus gimana gimananya malah jadi jalan buntu yang ujung ujungnya cuma ngehayal aja😂 makasih banyak mas riza tanggapannya, nanti saya pasti tanya tanya di sini soal tips livestream.. tapi mau cari tau dulu biar ga terlalu kosong bangett nanya dari 0 heuheu🙈 - @rangbdg
Tips tambahan biar ngga minder: Buka youtube yang jadi referensi, klik tab videos, lalu sort by date added (oldest). Lihatlah video awal-awal yang sangat memalukan 🤡 Kalau dilihat sekarang, pasti sudah berbeda jauh sekali karena sudah ada iterasi dan perbaikan berkali-kali termasuk tambah mic, kamera dll sehingga kualitas meningkat. Saya pernah post ini di twitter sebagai perbandingan saat pertama coba live vs saat ini https://twitter.com/rizafahmi22/status/1359685586639028224 - @rizafahmi