Avatar
random

@hilmanski menulis

Bagaimana cara menerbitkan buku secara indie

Hai semuanya.. beberapa waktu yang lalu saya menerbitkan dan menjual buku secara mandiri, saya mau berbagi secara garis besar: Apa yang kamu butuhkan jika ingin mencetak buku sendiri.

Ada dua opsi, kamu bisa ke 1. penerbit indie atau 2. mengerjakan "sendiri" (saya memilih ini).

Apa itu ISBN?

Nah sebelumnya kenalan dulu dengan ISBN. ISBN adalah International Standard Book Number, atau nomor buku, berlaku secara internasional. Hanya perusahaan yang punya izin usaha yang bisa melakukan ini dengan syarat2 yang saya juga tidak tahu. Coba cek detailnya di sini: mengurus ISBN dari perpusnas

Opsi 1. penerbit indie

Penerbit indie pun bermacam-macam. Ada yang berupa marketplace dimana kamu langsung menjual buku disana, mereka juga bisa menguru semua A-Z (pembelian dan pengiriman ke pembeli buku langsung). Tapi ada juga yang kamu sekedar mencetak dan mengurus ISBN, sisanya penjualan kamu urus sendiri.

Yang mengurus dari A-Z biasanya modelnya profit sharing, kamu tentukan harga jual dan mereka sudah menentukan akan mengambil sekian persen dari pembelian.

Yang kedua, kamu sekedar membayar jasanya dalam mencetak buku dan mengurus ISBN.

Opsi 2. DIY (Do it Yourself)

Pada dasarnya ada dua hal, jika ingin lebih fleksibel:

  • Mencari percetakan buku yang bisa mencetak buku secara satuan atau langsung banyak.
  • Mengurus ISBN lewat pihak ketiga.

Do It Yourself: Percetakan buku

Tentu saja untuk menjual buku fisik, kamu perlu mencetak bukunya. Karena itu perlu percetakan. Kamu bisa google "percetakan buku" ada banyak sekali opsi... bisa mengikuti berdasarkan wilayah kamu. Agar mudah untuk melihat samplenya. Kamu bisa cetak satu dulu atau langsung datang ke tempat untuk menguji kualitasnya

Do It Yourself: Mengurus ISBN

Bisa dibilang ini opsional. Kamu bisa saja tentunya mencetak buku tanpa nomor buku yang resmi. Keuntungannya jika punya ISBN, buku kamu jadi mudah diidentifikasi, termasuk secara resmi mencarinya di perpustakaan nasional atau situs2 pencarian buku.

Ini juga sebagai pengakuan, agar karya kamu tidak semena-mena ditiru oleh orang lain.

Saya mengurus ISBN dengan cara meminta bantuan ke "penerbit indie". Penerbit indie ada banyak sekali. Saya meminta tolong ke salah satu PI ini, apakah saya bisa menggunakana jasa "Mengurus ISBN" saja, tidak perlu mencetak bukunya (karena saya mau mencari sendiri).

Setelah mendapan ISBN dan juga barcodenya kamu bisa menyertakan ini (pastikan izin ke PI tersebut, kalau kamu mau mencetak secara mandiri), ke naskah buku kamu.

Rangkuman

Jadi setelah menyusun bukunya (sudah ada ISBN) dalam bentuk naskah (mungkin PDF atau Word atau yang lain) tergantung permintaan percetakan buku. Silahkan deh ngobrol sama percetakannya, mau bahan buku apa, mau berapa banyak, dll.

Lalu jual bukunya di mana? itu episode yang lain ;)

Selesai!

Itu dia gengs, Saya akan menulis lagi seputar menerbitkan/menjual buku indie.. stay tune di BBC!