Avatar
show

@hilmanski menulis

Proyek Baru! bikin.space

Hai semuanya! Saya mau memperkenalkan proyek baru yang saya kerjakan, judulnya Bikin.Space, mirip ya sama situs ini hehe!.

Apa sih bikin.space?

Situs ini berisi informasi berupa artikel, video atau sekedar link seputar hal hal menarik yang ada di internet yang bisa dimanfaatkan oleh kreator ataupun UKM.

kenapa bikin ini?

Saya sudah berkali-kali terpikirkan ide ini. Karena saya banyak nongkrong di internet dan sayang apa yang saya temukan lewat begitu saja, baik belajar hal baru atau ketemu produk menarik, karena itu saya mau media untuk "brain dump" alias taro semuanya sebelum saya lupa. Yang mungkin bisa dimanfaatkan oleh orang lain.

Saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membuang idenya, sayangnya tidak berhasil, terus datang lagi.. akhirnya kemarin memutuskan untuk mulai

Apa teknologinya?

Hugo, statis site generator aja. Agak ribet untuk melakukan hal tertentu, tapi karena sudah pernah pakai Hugo, murah dan mudah deploynya jadi mencoba dari sini dulu.

Apa tantangannya?

Seperti proyek lain yaitu konsistensi. Tapi saya tidak mau memasang target muluk-muluk. Cukup jadi tempat "braindump" setiap ada yang kepikiran bisa dituang di sana.

Apa benefitnya untuk saya?

Selain media untuk terus melatih menulis, saya berharap suatu hari saya bisa dapat banyak trafik dari sini dan memanfaatkan trafik tersebut. Tentu bermain SEO butuh jangka waktu panjang, harus bersabar, tapi saya tertarik mempelajarinya dan praktek langsung di situs ini.

Karena saya pribadi saat ini tidak berniat memakai "google ads" perlu banyak belajar, apa saja yang bisa dimanfaatkan "blogger" untuk memanfaatkan traffic menjadi uang.

Itu dia teman-teman. Makasih!!

Avatar
@haloamir

Wow, congrats for the launch nya kak (di bikin.space ada konten tentang SEO ya, thank you kak).

btw distribution nya selain share ke bikin.club di share kemana lagi kak? (saya cek di twitter belum ada, mungkin teman-teman UMKM bisa mulai belajar SEO dari bikin.space)

Thanks Amir. Iya mau pelan-pelan karena memang saya mau "bermain ini" jangka sangat panjang. Saya ngga terburu-buru bikin viral atau orang tahu. Lebih fokus ke konten untuk sekarang,. - @hilmanski

Avatar
@hilmanski

Agar tidak terlalu pusing banyak proyek. saya berusaha merampingkan. Sebelumnya punya jurnal.dev untuk catatan blog developer saya, saya pindahkan kesini.

Jadi bisa fokus mengurus satu "blog teknikal" saja