Avatar
help

@haloamir menulis

Quora sebagai tempat validasi ide?

Halo teman-teman, untuk validasi ide, biasa teman-teman menggunakan media dan cara seperti apa ya?

Selama ini untuk validasi ide biasa saya menggunakan grup FB, sudah pernah cold outreach tapi gain nya tidak se wah menggunakan grup FB, dan cukup korban waktu juga jika menggunakan metode cold outreach. sebenarnya menggunakan grup FB sendiri punya downsidenya sendiri seperti SEO sulit (opini saya) dan juga tidak lama pasti post kita akan tenggelam, di tutupi oleh member lain yang lebih baru dan populer. karena itulah saya sekarang sedang mempertimbangkan Qoura

kenapa qoura?

  • SEO nya bagus (Opini saya, jawaban quora kadang muncul di pencarian saya)
  • Market nya sudah warm (karena kan orang yang membutuhkan pertanyaan di quora pasti membutuhkan jawaban atas suatu masalah atau hal lainnya)
  • Melatih skill menulis (I'm not good writer so coba quora untuk belajar nulis)

kalau teman-teman bagaimana? channel apa yang teman-teman pakai untuk validasi produk dan seberapa efektif channel tersebut?

Avatar
@hilmanski

Kalau boleh tahu bentuk validasi idenya seperti apa? kalau saya sih untuk bisnis, tidak ada cara lain untuk validasi selain ada user yang mau bayar

halo kak hilman, cara ini sebenarnya saya dapatkan dari salah satu postingan di indiehacker. untuk di Quora bisa mulai dengan menjawab pertanyaan topik yang berhubungan produk kita. misal, jika produk kita adalah WIX (website builder), kita bisa membantu jawab pertanyaan di quora tentang website development (contoh, bagaimana membuat website?) lalu bisa sarankan mereka produk WIX kita tadi. lalu mengamati respon nya. selain itu ada satu cara lain lagi yaitu dengan hanya mencari pertanyaan yang berhubungan dengan produk kita (masih studi kasus WIX), jika ternyata banyak orang yang mengajukan pertanyaan yang mirip atau setopik dengan "bagaimana cara membuat website", dengan kata lain ada market yang bisa kita reach (sebenarnya di quora ada fitur DM jadi kita bisa tawarkan solusi langsung kepada orang yang bertanya). menurut saya ini adalah cara yang lebih baik dari DM akun IG/FB/Twitter (ini dalam kasus saya ya kak, yang tidak memiliki unfair advantage apapun seperti follower, dll) - @haloamir
Ohhh iya iya paham maksudnya. Thanks! - @hilmanski