Avatar
show

@mgilangjanuar menulis

server.log(): Perkakas untuk Memudahkan Anda Menemukan Bug 🐛

Halo semuanya 👋

Saya mau berbagi aplikasi berbasis web yang saya buat kurang lebih 2 hari di sela-sela waktu kerja 😂 Namanya server.log().

img

Tautan: serverlog.vercel.app Repositori: github.com/mgilangjanuar/serverlog

Motivasi

Saya memiliki tim perekayasa perangkat lunak yang perlu melihat log pada peladen, masalahnya:

akses pada peladen dibatasi untuk beberapa orang,

ada log yang bersifat sensitif.

Deskripsi

server.log() dibuat untuk menyelesaikan 1 pekerjaan mudah, yaitu log monitoring. Membuat tim perekayasa perangkat lunak mudah melakukan awakutu pada aplikasi yang sedang dibuatnya tanpa perlu mengakses peladen.

Teknologi

Di aplikasi ini saya menggunakan TypeScript, React, dan beberapa komponen pendukung lainnya seperti ant.design, swr, dll. Untuk bagian rest API, saya juga menggunakan TypeScript dengan komponen pendukungnya seperti express. Saya juga menggunakan supabase untuk autentikasi pengguna dan menyimpan data. Untuk deployment saya menggunakan vercel.

Hal Menarik Lainnya

img

Ada satu hal yang saya pelajari saat membuat aplikasi ini. Kita bisa mengubah daerah atau region dari serverless function vercel ke southeast asia (sg) dan menggunakan basis data pada supabase di daerah yang sama. Sehingga bisa membuat aplikasi kita memiliki waktu balasan yang sangat cepat 🚀

Sekian, saran dan pendapat bisa ditulis di kolom komentar ya 🍻

Avatar
@ariaseta

Wah awesome mas, ntar saya coba nih

Terima kasih mas 🙏 - @mgilangjanuar

Avatar
@hilmanski

SELAMAT 🥳 Paling enak memang bikin tool untuk kebutuhan sendiri, tujuannya jelas dan ngerjainnya wuss wuss 😄

Adalah benar 🤣 - @mgilangjanuar

Avatar
@oemam

hmmm,, saya sudah pake crashlytics. dari dokumentasi kyknya lebih mudah ini dlm hal konfigurasi. well done mas (*emot tepuk tangan).

yes, memang inspired by crashlytics, sentry, cloudwatch, etc tapi saya mau yg jauh lebih simple 🤣 - @mgilangjanuar