Avatar
learn

@dibotak menulis

Belajar Web3

Karena saya penasaran link yang ada di post ini, saya coba aja ikut programnya. Link yang saya maksud adalah buildspace, tempat belajar web3 dengan cara membuat proyek.

Setelah kickoff, saya langsung coba ikutin semua materinya, step by step. Jadi disana, untuk mengakses materi selanjutnya kita harus mengirimkan feedback (berupa jawaban dari pertanyaan atau screenshot kodingan / terminal), jadi membantu memaksa saya untuk mengikuti arahan pada setiap materi.

Motivasi awalnya sebenarnya saya hanya ingin menuntaskan rasa penasaran, biar tau, eh setelah menyelesaikan semua materinya, jadi makin penasaran lagi. Proyek yang diajarkan disana yaitu membuat web sapaan, semua orang bisa menghubungkan eth wallet milik mereka untuk menyapa kita. Kita tidak menggunakan jaringan utama ethereum, tapi menggunakan jaringan tes (testnet), jadi nggak pake eth beneran (maksudnya yang dipakai di jaringan utama).

Dengan belajar ini juga, saya menambah pengetahuan mengenai blockchain dan dApps.

Kalo ada yang mau nyoba pakai app yang sudah saya buat, bisa kesini. Untuk mencobanya harus menggunakan eth wallet, bisa install plugin metamask di firefox/chrome. Pilih network Rinkeby Test Network, dan juga harus punya eth. Untuk eth ini bisa minta disini, tinggal connect ke wallet kita (metamask). Gak harus punya ethnya kalo cuma get data aja, cukup connect wallet.

Terimakasih!

Avatar
@hilmanski

Makasih udah sharing! Saya malah belum mulai ikutin kelasnya. Tapi suka dengan cara bikin kelasnya, seakan-akan "live". Lalu bisa ngelihat orang orang lagi pada di tahapan mana (bikin jiwa kompetisi membara). Jadi banyak belajar untuk bikin platform edukasi yang sosial

Iya mas, berasa lagi belajar bareng gitu jadi semangat ngerjainnya. - @dibotak