Avatar
learn

@rizafahmi menulis

Menentukan Ide yang ingin dieksekusi ala Minimalist Entrepreneur

Dikutip dari buku The Minimalist Entrepreneur karya Sahil Lavingia, Founder & CEO Gumroad.

I ask myself four questions every time I want to build something new:

  1. Can I ship it in a weekend? The first iteration of most solutions can and should be prototyped in two to three days.
  2. Is it making my customers lives a little better?
  3. Is a customer willing to pay me for it? It’s important for the business to be profitable from day one,
  4. Can I get feedback quickly? Make sure that you’re building a product for people who can let you know if you’re doing a good job or not.
Avatar
@haloamir

Wow, terimakasih sudah sharing kak riza, saya tau buku tersebut dari indiehacker kalau gk salah, tapi belum saya baca, out of my price, yet.

Poin keempat menurut saya adalah yang paling tricky, soalnya tentang distribution channel ke user. biasanya kakak untuk mendapatkan feedback secara cepat tersebut akan menuju kemana? kalau saya akan cari grup FB yang relevan dan buat post terkait apa yang saya buat wkwkwk

Kalau dari bukunya, sangat disarankan mencari spesifik 1 orang/lembaga saja untuk menjadi 'client' perdana. Bisa mulai dicari dari circle terdekat: friend and family. Baru meluas ke komunitas dimana kita biasa 'nongkrong'. Rada setuju saya dengan pendekatan komunitas ini. Memang lebih nyaman berkumpul di komunitas dan menemukan masalah/ide untuk diselesaikan di komunitas bersangkutan. Proses validasi dan mencari pengguna pun lebih smooth. Menurut pandangan saya pribadi ya ini. Agak aneh juga kalau tetiba masuk grup FB/WA/Telegram baru join terus nanya-nanya, validasi ide atau bahkan langsung jualan disana. Malah akan meninggalkan kesan yang kurang baik. - @rizafahmi
Wah yang terakhir saya banget kak riza wkwkwk, terimakasih atas pencerahannya, apakah ada cara yang lebih baik yang dapat saya coba untuk approach dan market distribution? - @haloamir
Mengutip dari buku ini, pendekatannya justru dibalik. Bukan mikirin ide terus cari komunitas terkait, tapi justru idenya datang dari individu atau komunitas tempat dimana kita biasa 'nongkrong'. Dari situ barulah dikembangkan ke lingkup yang lebih besar. - @rizafahmi
Kalau saya sendiri sih, masih mencari-cari juga, haha - @rizafahmi

Avatar
@hilmanski

Kagum sama cerita Sahil ini. Gumroad bisa bantu banyak orang. saya belum baca bukunya nih. Mas Riza, beli fisikkah?

Nice share!

Ngga 😬 Beli versi [kindle-nya aja kali ini](https://www.amazon.com/Minimalist-Entrepreneur-Great-Founders-More-ebook/dp/B08V52DP47/ref=sr_1_1?crid=2RRA1NYM21XQ9&keywords=minimalist+entrepreneur&qid=1649486017&s=digital-text&sprefix=minimalist+%2Cdigital-text%2C619&sr=1-1) - @rizafahmi