Avatar
learn

@hilmanski menulis

Sedang belajar apa itu Web3

karena lagi kosong, daripada ngga bermanfaat di internet. Saya coba belajar hal baru. Melihat dari tweet philipyoung beberapa waktu lalu, ada tempat ramah belajar web3 namanya buildspace

Dari sana diarahkan untuk pemanasan dengan 1 menonton ide awal But how does bitcoin actually work?

2 belajar dasar program solidity di cryptozombies Metode belajarnya interaktif. Sambil ngoding dengan soal cerita

3 membaca dokumentasi Ethereum

Ternyata tidak bisa langsung belajar, harus nunggu waktu "kick off" nya. Jadi penasaran proses belajarnya seperti apa.

Mungkin saya bisa dapat ide, untuk bikin konsep belajar yang baru lagi. Entahlah tapi cukup menarik belajar konsep yang tidak familiar

*Karena perjalananya cukup panjang, sepertinya akan berhenti di tengah jalan dan akan pick up di lain waktu. Saya suka belajarnya satu topik dalam waktu lama, jadi mungkin hanya intip intip dulu

Avatar
@hilmanski

update: saya sedang di tahap kedua. Belajar Solidity di cryptozombies. Ada banyak chapter, masih di chapter pertama

Yang saya pahami:

Solidity akan menjadi bahasa "backend" atau logic kita nanti. Banyak konsep yang sama seperti bahasa program lain, tapi ada beberapa yang baru untuk saya seperti: contract, view function, pure function.

Nanti kontrak/ kode ini akan dikonsumsi dengan bantuan library Web3.js